Parade Budaya HUT Kabupaten Cilacap





 


Prosesi sebagai bagian dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap merupakan salah satu “ritual”  penting  dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Prosesi adalah proses penyerahan “Lambang Daerah” oleh Ketua DPRD Kabupaten Cilacap kepada Bupati Cilacap yang ditata sedemikian rupa, sehingga dapat menggambarkan proses penyerahan amanah rakyat kepada pengemban amanah.
Prosesi berlangsung semarak dan secara antusias disaksikan oleh ribuan warga masyarakat, prosesi dilaksanakan saat HUT Kabupaten Cilacap, dengan kegiatan kirab yang terdiri dari Kirab Lambang Daerah, Kirab Prestasi dan Parade Budaya. Acara dimulai dari lapangan Disbudpar (Lapangan Pariwisata/eks Lapangan Kejaksaan) Jl. A. Yani, diberangkatkan pukul 08.45 WIB kemudian menyusuri sepanjang jalan A. Yani menuju alun-alun dan di depan panggung kehormatan yang terletak di sisi timur alun-alun  peserta parade budaya melakukan atraksi selama 5 menit.
Peserta Kirab Lambang daerah berturut-turut adalah Foreder Polres, Pasukan berkuda,  Drumband Tradisional sebanyak  21 orang  berpakaian adat,  Barisan Prajurit  sebanyak  21 orang berakaian prajurit adat jawa, Barisan Lambang Daerah dan duplikat, rombongan pembawa foto Bupati / mantan  Bupati sebanyak 22 orang berpakaian adat, Pembawa Bendera Merah Putih sebanyak 3 orang berpakaian Paskibra, terakhir adalah Barisan berpakaian adat Jawa dan Sunda, sebanyak 154 orang dari siswa SMA/SMK se eks Kotip Cilacap .
Dibelakang rombongan Kirab Lambang Daerah menyusul rombongan Kirab Prestasi yang dibawakan oleh dinas/ instansi maupun kelompok masyarakat di Kabupaten Cilacap yang memperoleh penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional.
Menyusul di belakang rombongan Kirab Prestasi adalah peserta Parade Budaya yang diisi oleh 24 kecamatan dan menampilkan seni budaya lokal/ khas yang ada di kecamatan tersebut seperti : upacara tradisi Sedekah Bumi, Kesenian Kuda Kupang, Kesenian Reog,kesenian Sholawatan, Kesenian kotekan Lesung, Calung Banyumasan Kreasi, Calung Sunda, Upacara Tradisi Baritan, Kesenian Rebana Sholawatan, Upacara Tradisi Nyadran, Kesenian Buncis, Pencak Silat, Marawis, Macapatan Muyen, Kesenian Kuda Lumping Begalan, Kesenian Kosidah, Tayub Jaipongan, Tari Rampak Kendang, Jaran Kepang dan Barongsai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar